Info Wisata Menara Siger Lampung

Sejarah berdirinya Menara Siger Lampung

Menara siger ini dahulunya di arsitekturi oleh Ir.Anshori Djausal M.T dengan menggunakan teknik dari ferrocement dan mulai di bangun pada tahun 2005 di bukit Gampang,yang berkecamatan bakauheni,kabupaten lampung selatan yang tepatnya di bukit yang berada di sebelah kiri dari pintu masuk pelabuhan penyebrangan bakauheni dengan ketinggian mencapai 110 meter di atas permukaan laut.

Menara sigerĀ  ini memiliki luas yang 50 x 11 meter dengan tingginya yang mencapai 32 meter yang memiliki enam lantai dan juga menara siger ini dibangun dengan memperhatikan ciri khas dari Lampung itu sendri

keistimewaan dari Menara Siger

Menara Siger ini adalah menara yang juga menjadi titik nol dari sumatera yang dari selatan. Pada tanggal 30 april 2008 Gubernur Lampung Sjachroedin ZP telah meresmikan Menara Siger tersebut dan di peresmiannya tersebut Gubernur Lampung Sjachroedin ZP juga menyatakan bahwa dia sangat optimis bahwa Menara Siger ini akan sangan mendorong kemajuan dari Lampung sendiri.

Peresmian ini juga ditandai dengan penekanan sirine,penandatanganan prasasti,serta pelepasan burung merpati bersama puluhan duta-duta besar.Dengan di iringi lagu mars Lampung oleh korps Musik(korsik) pemerintah Provinsi lampung, Ny. Truly sjachroedin rangkaian dari melatu di pintu masukĀ  bangunan menara enam lantai terseut.

Gubernur memasuki menara bersama duta besar Kroatia, Sri Lanka, Jepang, Palestina,Afghanistan, Singapura, Filipina, Keluarga dari sultan Banten dan Sultan kanoman Cirebon. Peresmian ini juga diwarnai pembukaan stan seluruh kabupaten/kota.

Lokasi dan Tiket Masuk

Jika anda jalan-jalan menuju Lampung via darat, tentu saja anda akan melewati pelabuhan Bakauheni. Dari pelabuhan ini anda akan melihat sebuah bangunan unik berwarna kuning di atas bukit. Bangunan ini disebut Menara Siger oleh warga Lampung. Bentuknya meniru topi adat mempelai wanita ketika menikah dengan pakaian adat Lampung. Topi adat yang dipakai mempelai wanita disebut Siger yang umumnya berwarna kuning emas. Topi ini menjadi ciri khas propinsi Lampung.

Untuk menuju menara ini cukuplah mudah. Dari pelabuhan Bakauheni anda hanya perlu belok kanan sesaat setelah anda keluar dari kapal. Lalu anda akan melihat gapura tanda jalan masuk menuju menara ini. Anda hanya perlu membayar Rp 5000 sebagai tiket masuk. Dari menara ini, kita bisa melihat indahnya teluk Lampung dan pelabuhan Bakauheni.


Sumber:http://www.wisatajalan.com/wisata-jalan-menara-sigeristimewa/

×

Hallo!

Mau liburan ke Lampung ? Anda berada di situs yang tepat.

× Butuh bantuan ? WhatsApp aja.
%d blogger menyukai ini: