Info Wisata Pantai Teluk Kiluan Lampung

Teluk Kiluan terdapat di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Propinsi Lampung. Jarak tempuhnya sekitaran + 80 km. dari Bandar Lampung serta memerlukan saat tempuh lebih kurang 3 – 4 jam perjalanan. Topografinya berbukit serta berlembah dan akses jalan menuju kesana yang belum sangat mulus bikin Teluk Kiluan ini pas dikunjungi wisatawan yang suka berpetualang.

Di sekitaran Pantai Teluk Kiluan ada gubuk atau tempat tinggal panggung untuk tempat bermalam beberapa wisatawan dengan sewa per kamar Rp. 150. 000, – semlam. Semasing kamar bisa di isi 5 – 6 orang.

Legenda Teluk Kiluan

Dari banyak legenda mengenai Teluk Kiluan, ada satu legenda yang hingga sekarang ini masihlah diakui masyarakat setempat. Orang-orang setempat yakini pada jaman robohnya Kerajaan Majapahit, di lokasi Umbul ada seseorang pendatang dari Banten (Malaka) yang begitu sakti yakni Raden Mas Anta Wijaya.

Raden Anta Wijaya di kenal begitu sakti serta pemberani, ia paham kerabat-kerabatnya menginginkan membunuhnya. Ia memohon kerabatnya itu untuk membawa dianya ke pulau Kiluan, lantaran menurut dia ia cuma dapat dibunuh di pulau Kiluan. Pada akhirnya Raden Anta Wijaya dibunuh di pulau itu.

Aktivitas Wisata Teluk Kiluan

Pengunjung bisa nikmati panorama alam Teluk Kiluan yang mengagumkan sembari melihat beberapa ratus ekor lumba-lumba, melingkari pulau yang indah dengan menyewa perahu katir apabila mujur kita dapat melihat penyu hijau serta penyu sisik naik ke permukaan laut serta menepi ke pantai seperti di pulau Derawan.

Konon, lumba-lumba di Teluk Kiluan adalah lumba-lumba paling besar di Asia serta didunia. Di perairan Teluk Kiluan, sekurang-kurangnya ada dua type lumba-lumba yakni lumba-lumba hidung botol (tursiops truncatus) dengan tubuh semakin besar serta lumba-lumba paruh panjang (stenella longirostris) yang bertubuh lebih kecil serta sukai melompat ke permukaan.

Ke-2 type lumba-lumba itu suka mendekati perahu atau kapal yang melintas di laut. Spesis lumba-lumba paruh panjang suka berloncatan di dekat perahu. Lumba-lumba itu terlihat begitu menggemaskan serta cukup akrab dengan manusia.

Diluar itu, di sore hari kita dapat lihat primata endemik yakni Siamang (symphalangus syndactylus), Simpai (presbythis melalops) serta Kukang (Nycticebus Coucang) yang meloncat dari pohon ke pohon sembari berteriak nyaring bersahutan. Kicau burung di tiap-tiap pagi serta sore memberi situasi nyaman serta tenang di Teluk Kiluan Tanggamus.

Akses menuju Teluk Kiluan

Dari Jakarta, kita bisa menuju Teluk Kiluan dengan transfortasi sebagai berikut:

Rute Perjalanan Kelas                                                 Tarif           Waktu Tempuh

Kalideres – Pelabuhan Merah     Ekonomi           Rp. 15.000        1,5 jam

Merak – Bakaheuni (Fery)           Ekonomi           Rp. 15.000        2 jam

AC        Rp. 30.000

Bakaheuni – Bandar Lampung    Ekonomi           Rp. 15.000        2 jam

Bandar Lampung – Kiluan (Travel)          AC        Rp. 45.000        3 – 4 jam

Teluk Kiluan – Pulau Kiluan        Penyeberangan Rp. 15.000        15 menit

Keliling pulau Kiluan      Jungkung          Rp. 250.000 (3 orang)    2 – 3 jam

 

Sumber : http://wisata-tanahair.com/2017/01/rute-wisata-teluk-kiluan-tanggamus-lampung-dan-harga-tiket-masuk.html

×

Hallo!

Mau liburan ke Lampung ? Anda berada di situs yang tepat.

× Butuh bantuan ? WhatsApp aja.
%d blogger menyukai ini: